Langsung ke konten utama

Aircraft Hardware - Solid Rivet





Aircraft rivetsTerdapat ribuan rivet dalam struktur pesawat terbang, ini mengindikasikan betapa pentingnya rivet di struktur pesawat. 

Rivet adalah fastener yang tidak menggunakan ulir dan biasanya terbuat dari alumunium paduan, rivet adalah sebuah perangkat untuk mengikat dua lembar atau lebih sheet metal.

Aircraft rivet dikelompokan menjadi dua yaitu solid rivet dan blind rivet (spesial rivet).

Solid Rivets - Untuk membentuk sebuah struktur pesawat, lembaran- lembaran skin pesawat harus dikencangkan antara yang satu dengan yang lain, pengencangan tersebut biasanya menggunakan solid rivet yang terbuat dari paduan alumunium

Solid rivet diklasifikasikan - dengan bentuk headnya, material pembuatanya, dan dengan ukuranya.

Identifikasi Solid rivet Head - jenis-jenis kepala rivet dibedakan menurut standarisai Airforce-Navy dan Military-Standard, jenis rivet yang paling sering digunakan untuk pesawat terbang ada lima jenis yaitu:


1. AN 426 or MS 20426 - CounterShunk head rivet, atau  flush head rivet karena memiliki bentuk head  datar namun semakin tirus kebawah, kepala rivet ini tidak menonjol keluar lubang sehingga rata dengan permukaan skin pesawat sehingga permukaan lebih smooth, rivet ini memiliki beberapa sudut mulai dari 78° hingga 120° biasanya rivet jenis ini digunakan pada permukaan luar/eksterior skin pesawat.


2. AN 430 or MS20430 - Roundhead rivet, biasanya digunakan untuk interior pesawat terbang, rivet ini memiliki bentuk kepala yang bundar, kepala rivet jenis ini mempunyai kekuatan yang cukup besar dan memiliki ketahanan terhadap beban tarik.


3. AN 441 - Flathead rivet, rivet jenis ini juga sering digunakan pada bagian interior pesawat terbang, rivet jenis ini digunakan ketika kekuatan maksimum dibutuhkan dan area yang sempit jika menggunakan roundhead rivet.


Aircraft Hardware - Solid Rivet


4. AN 456 - Brazier head rivet, memiliki kepala yang berdiameter lebar, yang membuatnya lebih mudah untuk diaplikasikan pada lembaran logam yang tipis dan juga memiliki bentuk yang aerodinamis sehingga sehingga sering digunakan di luar/eksterior skin pesawat terutama pada bagian belakang atau empenage pesawat.


5. AN 470 or MS 20470 - Universal head rivet, merupakan kombinasi dari roundhead, flathead, dan brazier head. rivet jenis ini digunakan dapat digunakan pada struktur pesawat bagian dalam dan luar pesawat.


Identifikasi Material Solid Rivet- material yang digunakan untuk kebanyakan aircraft solid rivet adalah paduan alumunium, kekuatan dan temper condition pada rivet dengan material paduan alumunium dapat diketahui dengan melihat head marking yang terdapat di kepala rivet atau dengan angka dan huruf seperti gambar dibawah ini.


A. Alumunium Rivet

1) Rivet 1100 - Riv1et jenis ini sangat lunak dan biasanya digunakan untuk merivet lembaran alumunium yang lunak juga seperti tipe 1100, 3003, dan 5052 yang digunakan sebagai bagian non-struktural pesawar yang tidak membutuhkan kekuatan sebagai faktor utama.

Komposisi Alloy 1100

2)  Rivet 2117-T4 - dikenal sebagai field rivet yang sering digunakan untuk merivet struktur yang terbuat dari paduan alumunium. Rivet 2117-T4 dibutuhkan secara luas karena pada jenis ini dapat digunakan pada berbagai kondisi tanpa harus dilakukan heat treatment terlebih dahulu, rivet jenis ini juga memiliki ketahanan korosi yang tinggi.


Komposisi Alloy 2117-T4

3) Rivet 2017-T4 - digunakan pada struktur berbahan paduan alumunium yang membutuhkan kekuatan lebih besar, rivet ini dikenal sebagai ice box rivet karena setelah dipanasakan perlu disimpan dilemari pendingin sebelum digunakan kembali, rivet 2017-T4 harus didiamkan selama 1 jam setelah dikeluarkan dari lemari pendingin.

Komposisi Alloy 2017-T4

4)  Rivet 2024-T4 - Kegunaannya hampir sama dengan rivet 2017-T4 digunakan untuk merivet  struktur berbahan paduan alumunium yang membutuhkan kekuatan yang lebih besar, bedanya dengan rivet 2017-T4 adalah waktu tunggu setelah dikeluarkan dari lemari pendingin membutuhkan waktu 10  sampai 20 menit sebelum digunakan.

Komposisi Alloy 2024-T4

5)  Rivet 5056-H32 -  digunakan untuk merivet bagian-bagian yang terbuat dari paduan magnesium karena memiliki ketahanan korosi yang sangat baik.

Komposisi Alloy 5056-H32

B. Steel Rivet
Rivet baja ringan digunakan untuk material yang menggunakan baja juga, rivet ini biasanya digunakan untuk komponen bracket exhaust, firewall dan struktur yang serupa. 

C. Copper Rivet
Copper rivet digunakan untuk merivet komponen yang berbahan non-metallic seperti copper alloy, leather dll.

Rivet Identification Chart


Contoh Identifikasi Solid Rivet




Sumber-sumber :
http://aviationmiscmanuals.tpub.com/TM-1-1500-204-23-6/css/TM-1-1500-204-23-6_57.htm
https://www.azom.com/article.aspx?ArticleID=6588

Download Ebook:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip dan Cara Kerja Venturi Meter

Prinsip Dasar Venturi Meter Venturi meter adalah suatu alat atau instrumen pengukuran kecepatan aliran fluida yang dapat digunakan pada berbagai bidang. Venturi meter di aplikasikan dari gabungan alat ukur tekanan dan memanfaatkan efek dari konstruksi pipa konvergen ( venturi effect ) yang berfungsi untuk memberikan peningkatan kecepatan aliran dan penurunan tekanan yang sesuai, dimana debit dapat disimpulkan. Sebenarnya, alat untuk mengukur kecepatan aliran fluida ada beberapa macam. antara lain adalah  Orifice Flow Meter, Flow Nozzle, Elbow Meter, Pitot Tube & Annubar,   dan lain sebagainya. Meter venturi klasik, yang penggunaanya dijelaskan dalam ISO 5167-1: 1991, memiliki bentuk yang ditunjukan pada gambar dibawah ini. Efek venturi terjadi pada sebuah aliran fluida yang mengalami kenaikan  velocity  seiring dengan penurunan luas penampang aliran. Hal tersebut diiringi juga dengan terjadinya penuruna tekanan statis ( static pressure ) fluida tersebut, hal ini sesuai dengan hukum

Penyebab Terjadinya Erosi Kavitasi Pada Impeler Pompa

Pengertian Kavitasi Istilah kavitasi digunakan untuk menggambarkan fenomena perubahan fase dari zat cair ke zat gas, dengan kata lain kavitasi adalah pembentukan gelembung gas yang terjadi pada area hisap pompa ( suction pump ) karena tekanan sangat rendah sampai dibawah tekanan jenuh cairan tersebut.  Air dapat menguap ketika mencapai titik didihnya, kita semua pasti tahu bahwa air akan mendidih pada temperatur 100⁰ C, tetapi itu hanya berlaku ketika tekanan udaranya 1 atm pada ketinggian sea level , sehingga ketika ketinggian bertambah maka tekanan akan turun dan titik didih air akan menjadi lebih rendah temperaturnya.  Dapat dilihat pada gambar diagram di atas, bahwa air dapat mendidih pada suhu 0.01⁰ C ketika tekanan udaranya 0.006 atm absolut. Dapat disimpulkan dari penjelasan diatas bahwa perubahan fase dari zat cair ke gas di pengaruhi oleh faktor tekanan udara dan faktor   temperaturnya . giuhlaalknvlavnlkvnlz Kavitasi pada pompa dapat terjadi kar

Material Komposit

Apa Itu Komposit? Kata komposit ( composite ) berasal dari kata kerja ( to compose ) yang berarti menyusun atau menggabungkan. Komposit adalah struktur material yang terdiri dari dua kombinasi material atau lebih yang di bentuk pada skala makroskopik dan menyatu secara fisika (Kaw 1997).  Schwartz (1984) mendefinisikan  komposit sebagai sistem material yang terdiri dari gabungan dua atau lebih unsur pokok yang berbeda bentuk atau komposisi yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.   Salah satu contoh material komposit yang sering kita jumpai adalah beton cor yang tersusun dari pasir, semen, besi, batu koral dan air. Pada komposit beton dapat terlihat bahwa material penyusunya memiliki sifat yang berbeda-beda, namun ketika dicampurkan dengan teknik tertentu akan menghasilkan beton yang sangat kuat, keras, dan tahan terhadap berbagai macam cuaca. Material penyusun komposit terdiri dari dua tipe, yaitu matriks dan reinforcement, kedua material penyusun itu memiliki fungsi yang berbeda. 

Prinsip Kerja Gas Turbine Engine

Ok, Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai  Gas Turbine Engine  (GTE) ,  bagi kalian yang belum mengetahui dan bertanya-tanya apa sih  turbine Engine  itu? dan bagaimana sih prinsip kerjanya? Apa Itu Turbine Engine Turbin adalah suatu mesin rotari yang berfungsi untuk mengubah energi potensial aliran fluida menjadi energi kinetik yang bermanfaat. Fluida yang digunakan untuk menggerakan turbin antara lain adalah gas, air, uap air dan udara. Perbedaan jenis fluida inilah yang membedakan  tipe-tipe dari turbin,  dimana salah satu yang akan saya bahas adalah turbin gas. Prisip Kerja Gas Turbine Engine Prinsip kerja dari turbin gas tidak jauh berbeda dengan turbin-turbin yang lain. Putaran dari rotor turbin, diakibatkan oleh adanya gas bertekanan yang melewati sudu-sudu turbin. Gas bertekanan tinggi hasil dari pembakaran bahan bakar dan udara yang berekspansi inilah yang digunakan untuk menggerakan sudu-sudu turbin. Turbine gas menggunakan udara atmosfer sebagai media kerjanya.

Prinsip Dasar Hukum Newton

Apa itu hukum Newton ? Hukum Newton (1, 2, dan 3) adalah 3 prinsip dasar mekanika klasik yang memberikan gambaran mengenai gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya. Disebut juga hukum gerak monumental. Hukum Newton menjadi salah satu besaran turunan dalam ilmu fisika yang menyatakan besarnya gaya dalam satuan Newton (N). Seseorang yang menciptakan hukum Newton adalah Potret Sir Isaac Newton (1643-1722), seorang fisikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiawan, matematikawan, dan teolog dari inggris yang berpengaruh besar dalam dunia fisika.  1. Hukum 1 Newton  (inertia/kelembaman) Yang berbunnyi :  "Jika resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol, maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam dan benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus  beraturan dengan kecepatan tetap" Dengan kata lain maksud dari hukum Newton 1 dapat dipahami bahwasanya suatu benda akan berusaha mempertahankan keadaannya ataupun posisi awa

Kenapa Pesawat Bisa Terbang

Kenapa pesawat bisa terbang?  Ini adalah pertanyaan yang sangat umum kita dengar di kehidupan sehari-hari, karena hampir setiap hari benda ini terbang melintas di atas kepala kita.  Biasanya yang sering bertanya mengapa pesawat bisa terbang adalah anak-anak kecil. Jika kita ditanyakan pertanyaan tersebut pasti akan terbesit di pikiran kita, oh iya ya..  Bagaimana caranya pesawat yang memiliki berat puluhan bahkan ratusan ton bisa terbang? Dalam kajian ilmu fisika, masalah seperti bagaimana pesawat dapat terbang sebetulnya bukan peristiwa yang mustahil terjadi karena pada dasarnya hanya masalah keseimbangan gaya saja.  Sebagaimana kita ketahui setiap benda yang massanya lebih berat dari udara ( hevier than air ) pasti akan jatuh ke permukaan bumi karena fenomena ini tunduk pada hukum gravitasi.  Tetapi setiap benda juga terdapat gaya ke atas yang secara vektor berlawanan arah dengan gaya gravitasi bumi.  Kedua gaya inilah yang berusaha direkayasa agar pesawat da

Prinsip Siklus Brayton

Siklus Brayton menjadi konsep dasar untuk setiap mesin turbin gas. Siklus termodinamika ini dikembangkan pertama kali oleh John Barber pada tahun 1791, dan disempurnakan lebih lanjut oleh George Brayton. Pada awal penerapan siklus ini, Brayton dan ilmuwan lainnya mengembangkan mesin reciprocating dikombinasikan dengan kompresor. Mesin tersebut berdampingan dengan mesin Otto diaplikasikan pertama kali ke otomotif roda empat. Namun mesin Brayton kalah pamor dengan mesin Otto empat silinder yang dikembangkan oleh Henry Ford. Pada perkembangan selanjutnya, siklus Brayton lebih diaplikasikan khusus ke mesin-mesin turbojet dan turbin gas. Untuk memudahkan memahami siklus Brayton, sangat disarankan bagi Anda untuk mengetahui prinsip kerja turbin silahkan klik tautan berikut  "Prinsip Kerja Gas Turbine Engine" . Kita ambil contoh mesin turbojet pesawat terbang. Mesin ini menggunakan media kerja udara atmosfer. Sisi inlet kompresor menghisap udara atmosfer, dan udara panas yang telah